Selasa, 17 November 2015

Menjaga Keselamatan Kerja di Laboratorium

   Hai sob kali ini saya akan bahas tentang bagaimana caranya menjaga keselamatan kerja di lab.


   Laboratorium adalah tempat dimana lahirnya penemuan penemuan baru dari yang simpel sampai yang mengagumkan. Luar biasa kan sob guna laboratorium ini ?

TAPI...!!!
  
   Diantara keluarbiasaan fungsi dari laoratorium, ada juga RESIKO yang sangat besar yang bisa terjadi di laboratorium. Mungkin karena ke tidak tahuan kita terhadap keamanan kerja di laboratorium kita bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan yang membahayakan diri kita sendiri, atau bahkan kita bisa melakukan kesalahan fatal yang bisa mengancam keselamatan banyak orang.

   Maka dari itu untuk para mahasiswa, dosen, ilmuan, atau peneliti yang bekerja di laboratorium untuk memperhatikan hal hal berikut :

  • Jika kalian akan bekerja di laboratorium jangan lah kalian bekerja sendiri, karena di khawatirkan ada sesuatu yang menimpa kalian dan butuh bantuan dari orang lain. jadi karena itu minimal jika kalian ingin mengerjakan sesuatu di lab harus lah 2 orang atau lebih.
  • Pastikan sebelum masuk laboratorium keadaan kalian steril dan tidak dalam keadaan sakit. 
  • Dan sebelum masuk pastikan kalian juga tidak membawa barang barang yang membahayakan seperti korek atau alat alat elektronik.
  • Setelah kalian masuk ke lab pakailah pakaian pengaman di laboratorium seperti, sarung tangan, kacamata, jas lab, dan sepatu. pakailah masker bila perlu.
  • Pastikan untuk kalian yang memiliki rambut panjang untuk mengikat rambut kalian.
  • dan setelah selesai melakukan kerja di lab, pastikan kalian keluar dengan keadaan steril, terutama tangan cucilah sebelum keluar lab karena di khawatirkan masih mengandung zat kimia.
 Dan selain kegiatan diatas kalian juga harus mengerti tentang simbol-simbol yang menunjukan sifat dari zat kimia tersebut :

Mudah meledak (explosive)
Korosif (corrosive)
Toxic (beracun)
Mudah terbakar (flammable)
Mudah teroksidasi (oxidizing)
Berbahaya (harmful)
Mengiritasi (irritant)
Radioaktif (Radioactive) 

nah diatas adalah simbol simbol yang umumnya terdapat di laboratorium jadi kita harus berhati-hati dalam menangani sifat dari bahan bahan tersebut.

Nah itulah sekilas pembahasan tentang bagaimana caranya menjaga keselamatan di laboratorium.
Baca selengkapnya »

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © fauzan blog 2010

Template By Nano Yulianto